Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Maksimal

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Maksimal

Meskipun kelihatannya sepele, namun kegiatan membersihkan botol susu bayi juga membutuhkan kecermatan tingkat tinggi. Bagaimana tidak, bahwa kondisi botol susu yang kurang bersih dapat memicu terjadinya infeksi bakteri dan penyakit lainnya yang berdampak buruk bagi kesehatan bayi. Dengan cara membersihkan botol susu bayi yang maksimal akan menghilangkan semua sisa susu agar tidak membusuk dan menjadi sarang bakteri. Pembersihan botol susu yang baik akan membuat perlengkapan si buah hati Anda menjadi lebih tahan lama.

Mungkin untuk sebagian orang tua tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan botol susu bayi dengan benar dan sudah terhindar dari bakteri kotoran yang dapat membahayakan kesehatan si buah hati. Untuk mendapatkan botol susu yang benar-benar higienis, maka botol susu perlu dibersihkan secara khusus. Proses pembersihan botol susu yang benar yaitu tidak hanya sekedar dicuci seperti kebanyakan alat makan, namun pencucian botol susu juga memerlukan teknik khusus atau teknik tertentu. Berikut merupakan beberapa cara membersihkan botol susu bayi yang maksimal agar botol tetap dalam kondisi bersih dan higienis.

  1. Untuk langkah pertama cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun hingga bersih sebelum melakukan pencucian botol susu bayi.
  2. Kemudian, lepaskan seluruh bagian botol susu dan tuangkan sedikit cairan pembersih khusus di setiap bagian botol susu. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses pencucian pada semua bagian botol susu.
  3. Untuk proses pencucian mulailah dengan membersihkan dasar botol susu menggunakan sikat halus dengan gerakan memutar. Bersihkan semua sisi dalam botol dengan menggerakkan sikat naik turun. Selanjutnya, mulailah mencuci bagian bibir botol, jika perlu gunakan sikat kecil yang dapat menjangkau setiap celah tutup pada botol.
  4. Setelah selesai membersihkan semua bagian badan pada botol susu, Anda dapat melanjutkan ke bagian gelang dot. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan seluruh bagian ulir di dalamnya yang terkadang suka terlupakan. Kemudian, bersihkan dot menggunaka sikat yang sama. Pastikan sudah tidak ada sisa susu yang tertinggal.
  5. Setelah semua bagian botol sudah dibersihkan kemudian cuci bagian tutup botol susu dengan menggunakan spons pembersih hingga ke bagian dalamnya.
  6. Bilas hingga bersih semua bagian botol yang sudah dicuci menggunakan sabun, bilas dengan air keran yang mengalir. Jangan dibiasakan untuk membilas dengan cara merendamkan botol di dalam wadah, karena kebiasaan ini akan membuat kotoran kembali menempel pada botol.
  7. Setelah proses pencucian selesai, selanjutnya Anda dapat melakukan proses sterilisasi.
  8. Proses sterilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan air panas yang sudah mendidih kemudian diamkan setiap bagian botol ke dalam air tersebut selama 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah air mineral sebagai air rebusannya, karena kualitas air keran setiap rumah berbeda-beda.
  9. Setelah menunggu 15 menit, angkat botol susu dengan menggunakan penjepit kemudian tiriskan. Keringkan semua bagian botol dengan handuk bersih. Biasakan untuk menyediakan lap khusus untuk membersihkan botol susu, jangan campurkan lap dengan lainnya. Selanjutnya, simpan botol dalam wadah plastik bersih. Jangan biarkan botol terendam lama dalam air panas, apalagi hingga airnya menjadi dingin. Hal ini akan membuat proses sterilisasi sia-sia dan bakteri-bakteri akan kembali menempal pada botol. Itu adalah beberapa langkah untuk cara membersihkan botol susu bayi dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *